Keunggulan Latex

Keunggulan Latex

25 Apr 2016. | By: Wachid

Kenapa memilih latex

Secara pribadi waktu menggunakan Latex penulis mendapatkan manfaat seperti berikut ini.

  • Dokumen yang di tulis dengan LateX tampak lebih profesional dan multi format, juga bisa di kompilasi ke dalam format pdf. Penulis tidak perlu peduli dengan layout dari dokumen yang di buat. Dengan latex cukup menambahkan struktur pada dokumen dan latex tinggal mengurus penformatan, baik align, gambar, tabel dan lainya.

  • Berkas latex juga dapat di kompilasi pada standar UNIX seperti vi, sed, dan awk. Bahkan kita juga bisa menjadikan berkasa latex menjadi epub, html, text biasa atau yang word processor seperti Ms Word ataupun Libre Office dengan pandoc

  • Latex menyediakan dukungan yang sangat bagus untuk hal-hal yang berhubungan dengan penulisan formula matematika, referensi, postscript.

Meskipun banyak aplikasi pengolah dokumen yang menawarkan kemudahan seperti Microsoft Word, tapi menggunakan Latex tentunya mempunyai tantangan tersendiri, menggunakan latex tentunya kita diharuskan mengerti sedikit tentang apa itu pemrograman dan bahasa markup. karena untuk menghasilkan suatu dokumen kita harus melakukan kompilasi layaknya pemrograman. tapi bagi kalangan ilmuwan, profesional, akademis dan matematikawan tentunya mereka lebih memilih Latex dibandingkan pengolah dokumen lainnya, karena selain bersifat Freeware, Latex juga menyediakan fungsi-fungsi yang lengkap untuk menunjang sebuah penulisan yang bersifat ilmiah, selain itu juga mudah dalam pendistribusiannya.

Secara Umum, beginilah Keunggulan LateX

  • Standard yang sangat baik untuk menyiapkan tulisan teks, formula teknis, dan tebel-tabel
  • Kemudahan penggunaan oleh penulis naskah
  • Portabilitas dokumen pada berbagai platform
  • Adaptabilitas terhadap banyak bahasa (multilingual support)
  • Ketersediaan secara meluas dan bebas
  • Dukungan dan pemeliharaan yang handal dari kelompok LaTeX3 yang dipimpin oleh Frank Mittelbach.
  • Dalam peulisan yang memuat rumus matematika, latex paling unggul

Kemudahan lain pada latex adalah kita dapat menuliskan banyak bagian dari paper, buku, journal yang kita tulis secara terpisah. Sehingga apabila kita ingin melakukan kompilasi kita dapat memilih bagian yang ingin kita masukkan, berbeda dengan word processor seperti msword atau open office yang tidak ada proses kompilasi untuk mendapatkan versi cetak, sehingga hal ini membuat ringan pada dokumen yang dibuat karena yang kita letakkan hanyak referensi pada daftar file yang telah kita buat dan secara otomatis latex akan melakukan penyusunan pada dokumen.

Kelemahan LateX

Kelemeahan latex menurut saya yang biasanya mengunakan format Ms Word yang juga di rasakan abgai pengguna Ms word Lainya yang migrasi ke Latex adalah

  • harus menunggu kompilasi selesai, agar bisa melihat hasil penformatan yang di lakuakan latex
  • Perlu belajar lagi, tentang latex mengenai struktur dokumen latex. Kalo di ambil have fun-nya sih nggak jadi kelemahan. tapi merupakan tatangan tersediri seolah seperti profesional yang menulis dokumen dengan bahasa yang aneh (menurut penulis waktu perta kali liat latex)
  • Perlu menginstall paket-paket yang di butuhkan untuk mengkompilasi latex. Ini hal yang cukup menyebalkan cuma mau mengkompile satu dokumen saja harus cari koneksi internet. tapi itu dulu. sekarang nggak karena udah di downlod hampir semuanya dan cukup gila juga ukuran dari paketanya sampai 3 GB.

Para Ilmuan lebih memilih LateX, daripada Word Prosesor yang lain, Kenapa ???

loh kok? kenapa Ilmuan lebih memilih LateX daripada Ms Word? padahal soal ketenaran Word Prosesor jauh lebih populer daripada LateX, pasti apa adanya, eh maksud saya ada apa-apanya, hehe sorry gayus dikit… ckckck

begini nih menurut Ilmuan…

  1. Keluaran TeX selalu yang terbaik, baik tulisan, gambar, rumus, format, tanpa bergantung pada peralatan tambahan, huruf tambahan. Baik untuk dokumen sederhana maupun dokumen yang rumit. Bayangkan menulis rumus dalam Microsft Words(TM), yang harus bergantung pada Microsoft Equation(TM), bagaimana jika rumusnya rumit-rumit, atau hurufnya besar kecil, sesuatu yang tidak muncul dalam tulisan sehari-hari? LaTeX juga menyediakan semua peralatan untuk membuat tabel, cross-references, hyper-links, yang bisa dilakukan dengan mudah. Karena kemudahan dan keunggulan dalam menuliskan rumus-rumus yang ajaib, maka TeX adalah pilihan terbaik untuk dokumen-dokumen ilmiah. Dan itu dilakukan menggunakan penulisan text standar saja.
  2. LaTeX dan typesetting, LaTeX bisa mengatur simbol untuk variabel, berapa besar dan ruang yang dibutuhkan bagi notasi, superscript dan subscript, dsb. Bagan, flow chart, not balok, atau gambar rangkaian dapat dikerjakan dengan mudah. Bahkan dari penulisan standar bisa digunakan untuk menuliskan karakter-karakter bahasa di seluruh muka Bumi. Dengan demikian setiap dokumen dengan mudah mengikuti standar penulisan yang dibutuhkan, per se, tanpa harus berpusing-pusing mengatur format, setiap kali menulis.
  3. LaTeX selalu cepat, karena untuk menulis dalam LaTeX bisa saja menggunakan text standard, maka menggunakan notepad pun bisa dilakukan, yang berarti mengirit ruang dan memori komputer.
  4. LaTeX selalu stabil, sejak diperkenalkan, dipergunakan oleh jutaan orang, tidak pernah ada keluhan berarti, bahkan banyak yang membantu mengembangkannya. Stabil berarti LaTeX itu bekerja, dan akan terus bekerja, karena semakin banyak orang yang mempekerjakannya.
  5. LaTeX itu luwes, setiap institusi, setiap jurnal punya gayanya sendiri, dan tidak hanya dalam ‘gaya’ yang ada di luarnya, tetapi juga dalam pengembangan engine-nya; tetapi terlepas semua pilihan yang dipergunakan, inti terdalam LaTeX itu selalu tetap sama.
  6. Input yang selalu text. Dengan demikian, maka bekerja bisa dilakukan di komputer model apa saja, sistem operasi apa saja, dan untuk keperluan apa saja, jauh dari hanya sekedar pengolah-kata, tetapi bisa dikembangkan untuk basis data, atau keperluan yang memerlukan sumber daya yang besar, tetapi tidak boros.
  7. Keluaran bisa berupa apa saja, dari sekedar untuk keperluan pencetakan, seperti pdf, ps, atau sekedar menampilkan seperti html, bahkan terbuka untuk pengembangan yang belum terpikirkan sebelumnya.
  8. LaTeX itu gratis.
  9. LaTeX itu bisa digunakan di mana saja, tanpa memandang sistem operasi, jenis komputer, atau jenis media.
  10. LaTeX itu standar. Banyak penerbitan ilmiah dan Jurnal mempergunakan laTeX sebagai standar penyusunan dokumen