Menulis laporan dengan Latex

Menulis laporan dengan Latex

25 Apr 2016. | By: Wachid

Apa itu Latex?

Ketika menyembut latex sebagai alat pengeditan dokumen kebanyakan manusia Indonesia tidak tahu, dan bahkan waktu saya menyebutkan kata Latex pada seorang teman dia langsung nyantolnya pada sebuah karet yang di gunakan untuk membuat k*nd*m.

HahAa haha ….

Nggak salah sih…

yup…. daripada berpanjang lebar cerita kesana kemari apa itu latex. simak penjelasan berikut ini.

Tex adalah bahasa pemrograman yang diciptakan khusus dan menjadi bagian utama dari system pengaturan teks hasil pengetikan yang menghasilkan dokumen/publikasi teks dan matematis yang berkualitas. Teks diciptakan oleh Prof.Donald Knuth sekitar tahun 1978.

Dalam perkembangan TEX tersedia untuk berbagai macam komputer dan berbagai macam system operasi dan dirancang secara spesirik sehingga file masukkan (file yang mengandung perintah-perintah pengolah kata, ini bukan system WYSIWYG) akan menjadi portable dan menjadi keluaran yang sama disegala macam system operasi yang memprosesnya, pemenggalan kata yang sama, pergantian baris, pergantian halaman dll.

Pada tahun 1985 Leslie Lamport di Digital Equipment Corporation menciptakan LATEX. LATEX merupakan user interface dari TEX. Leslia menciptakan LATEX untuk mengotomatisasi semua perintah umum untuk menyiapkan sebuah dokumen. Dengan menggunakan Latex antara penulis dengan typesetter dapat dengan mudah menggunakan kemampuan pengaturan tulisan yang dimiliki oleh TEX tanpa harus memahami underlying language. LATEX sangat dianjurkan untuk semua orang kecuali professional typographic programmer dan peneliti computer yang ingin mempelajari TEX.

Saat ini LATEX dan TEX tersedia bebas di internet dan dapat digunakan oleh perorangan. LATEX pada dasarnya program yang dibuat sebagai typesetting tool. Secara garis besar langkah pembuatan dokumen dengan LATEX adalah sebagai berikut: mula-mula dokumen diketik pada suatu teks editor, kemudian ditambahkan perintah-perintah LATEX untuk mengatur isi dokumennya. Setalah seluruh dokumen telah dilengkapi dengan perintah LATEXnya, dokumen tersebut harus dicompile untuk menghasilkan output berupa dokumen yang diinginkan. Hasil dokumen tersebut dapat berupa dokumen *pdf, *dvi, atau *ps.

Aku lupa ngutip dimana keterangan di atas, jadi yang merasa penulis pertama kalimat di atas mohon ijinya ya, kalo nggak salah juga sih ini dari wikipedia

Wah ribet juga ya dari penjelasan di atas.

Lalu seperti apa sih Latex itu, dan gimana cara buatnya.

\documentclass[12pt,a4paper]{report}
\usepackage{amsmath}
\usepackage{amsfonts}
\usepackage{amssymb}
\usepackage{textcomp}
\usepackage[english, main=bahasa]{babel} % paket bahasa indonesia
\usepackage[T1]{fontenc}
\begin{document}		
	\chapter*{Kata Pengantar}
	I want to thank...
	
	\tableofcontents
	\listoffigures
	\listoftables
	\cleardoublepage
	\mainmatter
	\chapter{Pendahulaun}
	\input{bab/bab1}
	
	\chapter{TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN}
	\input{bab/bab2}
	
	\chapter{Tinjauan Pustaka}
\input{bab/bab3}
	
	\chapter{Pembahasan}
	\input{chapters/chapter04}
	
	\chapter{Penutup}
	\input{chapters/conclusion}

\backmatter
\appendix
\chapter{Appendix Title}

\renewcommand\refname{Bibliography}

\bibliographystyle{plainnat} % or try abbrvnat or unsrtnat
\bibliography{example} % refers to example.bib
\end{document}

“Wah ini sih bahasanya para dewa, aku tak sanggup bayangkan gimana nulisnya dan berapa lama menyelesaikan tulisannya.” Celoteh dari salah satu temenku.

“Dewa apa yang pake Latex.”

Sebenernya gampang kok membuat dokumen dengan latex yang dulunya cuma klik dan klik untuk membuat sebuah dokumen cuman di ganti dengan sebuah deret perintah yang kemudian di dokumen tersebut di compile.

Dokumen kok di compile kayak programmer aja ….

Ups… slah ngucap deh…

Okey penjelasanya gini, biasanya kita kan kalo mau mau membuat heading 1 untuk sebuah paragraf tinggal di drag suatu kalimat tersebut dan di carikan heding satu kalo heding dua juga seterusnya. kalo ini mah lebih enak tingal di ginikan saja.

Perhatikan contohnya.

\chapter{BAB 1} % ini untuk heading 1

\section{sub bab 2} % ini untuk heading 2

\subsection{sub bab 3} % ini untuk heading 2

\subsubsection{sub bab 4} % ini untuk heading 4

\paragraph{sub bab  5} % ini untuk heading 5

\subparagraph{sub bab 6} % ini untuk heading 6

Gimana gampang kan?… ?

Nggak ribet kan, yang biasanay suka klik klik nggak jelas sekarang tinggal di tulis aja. Emang bagi yang nggak biasa ngetik dan suka copy paster agak ribet dengan beberpa perintah yang di gunakan. Tapi hasil yang di dapat sangat wow loe.

Kagak percaya coba tengok aja ebook C++ yang aku tulis memiliki kerapian yang sangat aduhai kan dari pada ebook yang di tulis dengan Word processor lainya. Bahkan saya mewwarnai beberapa sintak program yang masukan. tertata dengan rapi, ada daftar konten (TOC) dan daftar contoh segala di sisi kan juga ada bookmark tiap bab dan lagi ada banyak lagi yang seru pokoknya di Latex.

Oh iya ya, gimana ya caranya…

Pingin tahu ?…

Aku cuma nulis perintah gini loe…

\tableofcontents % untuk membuat daftar isi

\listoffigures % untuk membuat daftar gambar

\listoftables % untuk membuat daftar tabel

Gimana sederhana kan, nggak ribet dan nggak ngeroptin, semua Latex yang ngerjain kita tinggal tunggu selesai compile dan terima beres deh hasil documen yang di buat oleh Latex (Bahasanya para dewa)